RENCANA KERJA MADRASAH 2012-2016

RENCANA KERJA MADRASAH
( RKM )

MIS MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI
TAHUN 2012-2016

KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PRINGSEWU

MIS MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI
Jl. Raya Waringinsari Barat – Sukoharjo – Pringsewu

Email : mimuwrsari@yahoo.co.id
2012
KATA PENGANTAR
Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya sehingga penulisan RKM ini dapat terselesaikan. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membuka tabir kegelapan menuju jalan yang terang benderang penuh dengan cahaya hidup dan suri tauladannya.
RKM adalah Rencana Kerja Madrasah. RKM MIS Miftahul Ulum Warungunsari Barat Tanggamus berisikan tentang seluruh rencana kerja dan belanja madrasah selama 4 tahun ke depan yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum dan sekaligus sebagai acuan dari suatu lembaga pendidikan dalam melaksanakan berbagai macam kegiatan, berupa dana yang dibutuhkan serta dari mana asal dana tersebut. Sehingga Rencana Kerja Madrasah ( RKM ) mutlak dibutuhkan.
RKM MIS Miftahul Ulum Warungunsari Barat Sukoharjo tahun 2012 / 2016 ini kami susun dengan mempertimbangkan saran dan pendapat dari berbagai pihak antara lain guru dan komite madrasah serta yayasan melalui Rapat Dewan Guru, Rapat Komite Madrasah maupun Rapat Yayasan, rapat bersama stakeholder madrasah.
Terselesaikannya Rencana Pembelanjaan Madrasah ini tentu saja tidak lepas dari bantuan dan peran serta banyak pihak. Oleh karena itu, dengan tulus kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1. Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Tanggamus.
2. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus.
3. KKRKM MIS miftahul Ulum Waringinsari
4. Segenap Dewan Guru MIS miftahul Ulum Waringinsari.
5. Segenap stakeholder MIS MIS miftahul Ulum Waringinsari.
Disadari bahwa penyusunan RKM MIS MIS miftahul Ulum Waringinsari ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan guna penyempurnaan program ini.
Pringsewu, Juli 2012

Penyusun
LEMBAR PENGESAHAN

RKM ini telah disahkan dalam Rapat Pleno Madrasah, yang dihadiri oleh Kepala Madrasah, Guru, Pengurus Komite, Pengurus Yayasan dan Tokoh Masyarakat

Pada tanggal : 19 Juli 2012
Bertempat di Waringinsari Barat

Ketua Komite Madrasah Kepala MIS Miftahul Ulum
Waringinsari Barat

ABU HAMID Dra. ETIEK JUKHAENI

Kepala Kantor Departemen Agama
Kabupaten Pringsewu

Drs. H. JOHAN YUSUF, M.Pd.I.
NIP.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
LEMBAR PENGESAHAN
DAFTAR ISI
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Manfaat RKM
C. Tujuan RKM
D. Tahap penyusunan RKM
E. Landasan hukum
II. VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH
III. KEADAAN MADRASAH
IV. RENCANA KERJA MADRASAH
V. RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN MADRASAH (RKAM)
VI. KESIMPULAN

LAMPIRAN
1. Tabel A: Kesimpulan Profile, Harapan, Tantangan
2. Tabel B: Sebab tantangan & alternatif pemecahan tantangan
3. Tabel D1: Daftar Biaya Satuan
4. Tabel D2: Rencana Biaya Pengembangan
5. Tabel D3: Perkiraan Sumber Pendanaan
6. Tabel D4: Rencana Biaya dan Sumber Pendanaan
7. Tim Penyusun RKM
8. Foto proses penyusunan RKM

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Rencana Kerja Madrasah (RKM) merupakan sebuah proses perencanaan atas semua hal dengan baik dan teliti untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan tujuan ini madrasah dapat disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, potensi madrasah dan kebutuhan peserta didik. RKM (Rencana Kerja Madrasah) disusun sebagai pedoman kerja dalam pengembangan madrasah, untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan madrasah, dan sebagai bahan acuan untuk mengidentifikasi serta mengajukan sumber daya yang diperlukan.
Penyusunan RKM mengacu pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dan Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005 – 2009.
Dewasa ini, kompetensi pendidikan berlangsung sangat ketat dan tajam hampir tiada batas. Madrasah yang tidak mampu bersaing secara fair dan terbuka akan tumbang terseleksi oleh keadaan. Oleh karena itu, MIS MIS miftahul Ulum Waringinsari perlu mengembangkan dan meningkatkan secara terus menerus dengan memperhatikan sumberdaya yang dimiliki, baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya. Kondisi MIS MIS miftahul Ulum Waringinsari memiliki siswa sebanyak 102 ANAK, guru sebanyak 12, dan pegawai administrasi sebanyak 1, dukungan dan kepercayaan pemangku kepentingan (stakeholders) yang kurang mendukung, sarana dan prasarana yang belum lengkap, yang berada di wilayah pertanian, masyarakat religius dan memiliki tingkat kesadaran pendidikan yang tinggi.
Menghadapi kondisi tersebut MIS MIS miftahul Ulum Waringinsari perlu mempersiapkan diri secara mantap dengan menyusun Rencana Kerja Madrasah (RKM) untuk menghadapi masa yang akan datang.

B. Manfaat RKM
RKM penting dimiliki madrasah, maka MIS MIS miftahul Ulum Waringinsari Tanggamus menyusun RKM untuk memberi arah dan bimbingan para pelaku madrasah dalam rangka menuju perubahan atau tujuan madrasah yang lebih baik dalam meningkatkan dan mengembangkan pendidikan dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan. Dengan adanya RKM diharapkan dapat dijadikan sebagai: (1) pedoman kerja untuk perbaikan dan pengembangan madrasah, (2) sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan madrasah, serta, (3) bahan untuk mengajukan usulan pendanaan pengembangan madrasah.

C. Tujuan RKM
MIS MIS miftahul Ulum Waringinsari Tanggamus menyusun RKM dengan tujuan untuk:
1. Menjamin agar perubahan/tujuan madrasah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil;
2. Mendukung koordinasi antar pelaku madrasah;
3. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku madrasah, antar madrasah dan Dinas Pendidikan serta Departemen Agama;
4. Menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan;
5. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat;
6. Menjamin tercapainya penggunaan sumberdaya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.

D. Tahap penyusunan
Proses penyusunan RKM dilakukan melalui tiga jenjang, yaitu: persiapan, perumusan RKM, dan pengesahan RKM. Alur proses penyusunan RKM tersebut dapat dilukiskan sebagai berikut.
Gambar 1.1: Alur penyusunan RKM

1. Persiapan
Sebelum perumusan RKM dilakukan, Kepala Madrasah & Guru bersama Komite Madrasah membentuk Tim Perumus RKM yang disebut Kelompok Kerja Rencana Kerja Madrasah. KKRKM beranggotakan 7 orang yang terdiri dari unsur : kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, wakil dari TU, dan wakil dari komite madrasah serta Yayasan.

2. Perumusan RKM
Perumusan RKM dilakukan melalui 4 tahap, sebagai berikut:
Tahap Kesatu: Identifikasi Tantangan
Tujuan tahap I ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan Madrasah, yaitu dengan cara membandingkan antara ”apa yang diinginkan (harapan)” dengan “apa yang ada saat ini” di Madrasah. tersebut atau upaya dalam mempertahankan suatu keberhasilan yang telah dicapai sekolah. Identifikasi tantangan dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini.
1. Menyusun Profil Madrasah.
2. Mengidentifikasi Harapan Pemangku Kepentingan
3. Merumuskan Tantangan Madrasah.

Tahap Kedua: Analisis Pemecahan Tantangan
Langkah-langkah dalam menganalisis tantangan adalah sebagai berikut :
1. Menentukan Penyebab Tantangan Utama
2. Menentukan Alternatif Pemecahan Tantangan Utama

Tahap Ketiga: Penyusunan Program
Dalam penyusunan program, ada 6 langkah yang perlu dilakukan, yaitu:
1. Menetapkan Sasaran
2. Menetapkan Program
3. Menetapkan Penanggungjawab Program
4. Menentukan Indikator Keberhasilan Program
5. Menentukan Kegiatan dan
6. Menyusun Jadwal Kegiatan

Tahap Keempat: Penyusunan Rencana Biaya dan Pendanaan
Pada tahap ini ditetapkan jenis dan banyaknya dana yang dibutuhkan, perkiraan jenis dan jumlah sumber pendanaan, aturan-aturan dari sumber pendanaan dan alokasi jenis dan sumber pendanaan untuk setiap jenis kebutuhan dana.

3. Pengesahan RKM
Setelah RKM selesai disusun oleh KKRKM, RKM dibahas bersama oleh kepala madrasah, semua guru, yayasan dan komite madrasah untuk dikaji ulang agar RKM yang telah disusun sesuai dengan yang diharapkan. Selanjutnya RKM yang telah dikaji ulang dan diperbaiki disahkan oleh kepala Madrasah, komite madrasah, dan kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Tanggamus. Akhirnya, RKM yang telah disahkan, disosialisasikan kepada para pemangku kepentingan di MIS MIS miftahul Ulum Waringinsari Kabupaten Tanggamus

E. Landasan Hukum
Landasan hukum Penyusunan RKS/RKM ini sebagai berikut.
1. UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional psl. 4 ( pengelolaan dana pendidikan berdasar pada prinsip keadilan, efesiensi, transparansi dan akuntabilitas publik).
2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
3. PP No. 19/ 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan psl. 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun).
4. Permendiknas 19/2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Sekolah membuat Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) 4 tahun, Rencana Kerja Tahunan (RKT) dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKA/M) dilaksanakan berdasarkan RKJM. RKJM/T disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari Komite Sekolah dan disyahkan berlakunya oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota.

BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH

V I S I

“BERILMU AMALIYAH dan BERAMAL ILMIAH” berlandaskan iman taqwa (IMTAQ) dan penguasaan IPTEK.

M I S I

1. Mengembangkan ilmu dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari;
2. Beramal secara ikhlas, argumentatife dan mandiri atas dasar iman dan Islam;
3. Berfikir secara kritis, cerdas, edukatif dan berorientasi pada kemasalahatan umat.

Pada tahun 2012-2016 Madrasah. berusaha mencapai tujuan:
TUJUAN

1. Memberikan bekal kemampuan dasar pengetahuan dan keterampilan baik Umum maupun agama sesuai dengan tingkat perkembangannya;
2. Menciptakan kader-kader umat yang memiliki etos ibadah yang tinggi dan menerapkan paduan iman, ilmu dan amal dalam kehidupan sosial kemasyarakatan;
3. Mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan di jenjang selanjutnya.

STRATEGI

1. Ing ngarso sung tulodo. Siap menjadi dan memberi tulodo (keteladanan). Dengan keteladanan kita wujudkan model penbelajaran yang efektif dan professional;
2. Job Deskription, yaitu membagi tugas guru sesuai dengan bidangnya;
3. Menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif dan bernuansa Islami;
4. Menjalin silaturrahim dengan masyarakat sekitar untuk kemajuan madrasah;
5. Mengelola madrasah dengan manajemen yang efektif, efisien, professional, mandiri dan transparan;
6. Membina dan mengembangkan bakat dan minat siswa.

BAB III
KEADAAN MADRASAH

Gambaran mengenai keadaan sekolah (profil sekolah) dalam kurun waktu tiga tahun terakhir (2009-2012) dapat dikemukakan sebagai berikut.
A. Proses Penerimaan Siswa Baru
1. Proses PSB di MIS Miftahul Ulum Waringinsari masih dilaksanakan secara tradisional yakni hanya memberikan edaran atau brosur berupa informasi seputar penerimaan siswa baru ke TK/RA dan door to door di sekitar madrasah.
2. Kondisi ekonomi wali murid menengah ke bawah, karena mayoritas berprofesi sebagai tani dan buruh tani.
3. Jarak dengan SD Negeri 2, SD Negeri 1, serta SD Muhammadiyah terlalu dekat sehingga berpengaruh terhadap perkembangan madrasah dalam arti penerimaan siswa.
4. Kenyataan yang terjadi di lapangan bahwa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum hanya sebagai madrasah alternatif karena sebagian besar orang tua lulusan TK/RA lebih memilih menyekolahkan anaknya ke SD maupun MIN Model Bandungbaru.
B. Proses Pembelajaran
Pada umumnya proses pembelajaran telah berjalan dengan baik, namun demikian ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dan peningkatan dari pihak pengelola sekolah yaitu :
1. Silabus untuk setiap mata pelajaran belum tersedia secara lengkap di semua kelas.
2. Rencana pembelajaran untuk setiap mata pelajaran belum tersedia secara lengkap di semua kelas.
3. Dalam rencana pembelajaran masih ada yang belum memuat: tujuan pembelajaran secara tepat, strategi pembelajaran yang bervariasi, media pembelajaran yang tepat dan bervariasi serta RPP yang berkarakter.
4. Dalam pelaksanaan pembelajaran, sebagian besar guru belum melaksanakannya sesuai dengan silabus yang telah disusun untuk setiap pelajaran, strategi dan metode pembelajaran belum variasi, interaktif, dan menyenangkan.
5. Keterbatasan alat peraga yang dimiliki mengakibatkan pelaksanaan pembelajaran tidak optimal.

C. Manajemen Sekolah
1. Pengelolaan keuangan bersifat sentralistik, berpusat pada yayasan.
2. Ruangan administrasi dan perpustakan masih menyatu dengan ruang guru..
3. Tenaga administrasi masih kurang jika disesuaikan dengan beban tugas yang harus diselesaikannya.

D. Peran Serta Masyarakat
1. Madrasah belum maksimal melibatkan orang tua peserta didik dalam menyusun, melaksnakan, dan mengevaluasi program madrasah.
2. Pekerjaan orang tua peserta didik mayoritas petani dan pegawai swasta dengan penghasilan kurang dari Rp. 500.000 per bulan
3. Komite madrasah belum bekerja secara maksimal baik sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan penghubung dengan pemangku kepentingan karena semua tugas tersebut selama ini dicover oleh Yayasan.
4. Masyarakat belum memberikan dukungan pada program pengembangan madrasah baik berupa bantuan insindental dan bantuan terprogram.

E. Prestasi Peserta Didik
1. Tahun 2005 Juara II tingkat kecamatan dalam lomba Lari 200 m
2. Tahun 2005 Juara III tingkat KKM dalam Lomba Crdas Cermat
3. Tahun 2005 Juara I tingkat KKM dalam lomba Bulu Tangkis putra
4. Tahun 2006 Juara II tingkat KKM dalam lomba Bulu Tangkis putra
5. Tahun 2006 Juara III tingkat KKM dalam lomba Kaligrafi
6. Tahun 2006 Juara II tingkat KKM dalam lomba Lomba Crdas Cermat
7. Tahun 2007 Juara harapan I tingkat KKM dalam lomba Bola Voly putra
8. Tahun 2008 Juara II tingkat KKM dalam lomba Tartil
9. Tahun 2009 Juara III tingkat KKM dalam lomba Cerdas Cermat
10. Tahun 2009 Juara I tingkat KKM dalam Nilai UASBN 2009
11. Tahun 2010 Juara harapan I tingkat KKM dalam lomba MTQ
12. Tahun 2010 Juara II tingkat kecamatan dalam lomba Kemah Pramuka

F. Sumber Daya Pendidikan
1. Madrasah belum memiliki laboratorium bahasa, dan laboratorium IPA.
2. 30 % guru memiliki kualifikasi pendidikan S-1, 40 % guru memiliki kualifikasi pendidikan D-2, dan 30 % guru memiliki kualifikasi pendidikan SMA.
3. Perpustakaan madrasah belum dapat beropersional dan buku penunjang yang tersedia belum lengkap.

BAB IV
RENCANA KERJA MADRASAH

Rencana Kerja MIS Miftahul Ulum Waringinsari Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Tanggamus disusun dengan mempertimbangkan keadaan madrasah, harapan pemangku kepentingan, dan tantangan dalam lingkungan strategis pendidikan di madrasah agar sasaran dan program pengembangan madrasah dalam 4 tahun ke depan lebih realistis dan konsisten dengan prinsip-prinsip pengelolaan pendidikan yang efektif, efisian, akuntabel, dan demokratis. Hasil dari identifikasi dan analisis pemecahan tantangan madrasah dapat dilihat pada tabel A dan B terlampir.
Dalam bab ini dikemukakan hasil pengembangan program madrasah, yang mencakup telaah mengenai: (1) sasaran, (2) program, (3) indikator keberhasilan, (4) kegiatan, (5) penanggung jawab, dan (6) jadwal kegiatan.
Sasaran digunakan sebagai panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu 4 tahun guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan pada tahap II (lihat tabel B kolom 2). Dalam menetapkan sasaran, madrasah telah melakukan analisis kesiapan madrasah untuk mencapai sasaran tersebut, antara lain dengan melihat kesiapan sumber daya manusia, sarana & prasarana, keuangan, dan situasi serta kondisi sekolah. Rumusan sasaran pengembangan madrasah dalam kurun waktu 4 tahun ke depan dapat dilihat dalam tabel 3.1 kolom 1.
Setelah sasaran dirumuskan, sekolah menetapkan program-program yang perlu dikembangkan di madrasah. Program merupakan pernyataan yang berisi kesimpulan dari beberapa alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Berdasarkan hasil identifikasi pemecahan tantangan utama tersebut, maka program-program yang akan dikembangkan di MIS Miftahul Ulum Waringinsari Kec. Sukoharjo Kabupaten Tanggamus sebagai berikut.
1. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran.
2. Perbaikan Administrasi & Manajemen Sekolah.
3. Pengembangan Organisasi & Kelembagaan.
4. Perbaikan Sarana dan Prasarana.
5. Peningkatan kualitas SDM (ketenagaan).
6. Peningkatan Pembiayaan dan Pendanaan Madrasah.
7. Peningkatan Peran Serta Masyarakat.
8. Peningkatan Prestasi Peserta Didik.
9. Peningkatan kualitas Lingkungan dan Budaya Madrasah.
Untuk mengetahui keberhasilan apakah program/sasaran yang ditetapkan berhasil atau tidak, maka Madrasah telah merumuskan indikator keberhasilan. Indikator keberhasilan yang dirumuskan, berkaitan dengan proses dan/atau hasil akhir. Rumusan indikator keberhasilan dapat dilihat dalam tabel 3.1 kolom 3.
Setelah indikator keberhasilan ditetapkan, langkah berikutnya adalah merumuskan kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan di madrasah. Kegiatan pada dasarnya merupakan tindakan-tindakan yang akan dilakukan di dalam program untuk memecahkan tantangan yang dihadapi madrasah. Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di madrasah dapat dilihat pada tabel 3.1 kolom 4. Sedangkan penanggung jawab program dan kegiatan dapat dilihat di kolom 5.

TABEL 3.1
PROGRAM PENGEMBANGAN MADRASAH
MIS MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI TANGGAMUS

Sasaran
Program Indikator Keberhasilan
Kegiatan Penanggung jawab
Tersedianya alat peraga visual berupa TV dan kaset yang berhubungan dengan materi pelajaran Pengembangan kurikulum dan pembelajaran Sekolah memiliki alat peraga visual berupa TV dan kaset yang berhubungan dengan materi pelajaran Rapat Komite dan Dewan Guru Kepala Madrasah
Sosialisasi program kepada wali murid Kepala Madrasah
Menjalin kerjasama dengan UD Randu Putih Komite Madrasah
Tersedianya buku Pegangan Guru untuk semua mata pelajaran. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran Sekolah memiliki buku Pegangan guru untuk semua mata pelajaran Pengadaan buku melalui :
Kerja sama dengan BOS Buku

Kepala Madrasah dan Bendahara BOS Buku
Kerjasama dengan penerbit UD. Tiga Serangkai Kepala Madrasah dan Bendahara BOS Buku
Terciptanya keberanian Speaking English, kecakapan berdiskusi, dan kecakapan memecahkan soal Pengembangan kurikulum dan pembelajaran Peserta Didik mengaplikasikan kemampuan Speaking English, kecakapan berdiskusi, dan kecakapan memecahkan soal Pembentukan study club

Kepala Madrasah dan Guru Bidang Studi Bahasa Inggris
Pengadaan Tourisme
Pengadaan kegiatan dengan native speaker (pembicara asli)
Pengadaan lomba speak Contest lokal, tingkat KKM.
Terbentuknya peserta didik yang terampil Pengembangan kurikulum dan pembelajaran Peserta didik siap dalam kecakapan hidup Pengadaan kerja sama dengan SMK atau home industri terdekat Kepala Madrasah dan Waka Humas

Terbentuknya tenaga pendidik yang profesional Pengembangan kurikulum dan pembelajaran Tenaga pendidik berkualitas Peningkatan kecakapan pendidik melalui pelatihan PAKEM Kepala Madrasah
Peningkatan kecakapan membuat PTK
Terlaksananya kegiatan studi banding dalam rangka upaya peningkatan mutu ke Madrasah lain Pengembangan kurikulum dan pembelajaran Tenaga pendidik berwawasan luas Pembuatan rincian / rancangan studi banding dalam rangka upaya peningkatan mutu ke Madrasah lain dalam hal keadministrasian, kelengkapan sarana prasarana Kepala Madrasah
Rapat sosialisasi studi banding dalam rangka upaya peningkatan mutu ke Madrasah lain
Pelaksanaan studi banding dalam rangka upaya peningkatan mutu ke Madrasah lain
Tersusunnya job description yang baru untuk Komite Madrasah, Kepala Madrasah, Guru dan Staf di awal semester genap tahun pelajaran 2009/2010 Perlengkapan organisasi dan kelembagaan Sekolah memiliki job description yang baru untuk Komite Madrasah, Kepala Madrasah, Guru dan Staf Penyusunan job description yang baru untuk Komite Madrasah, Kepala Madrasah, Guru dan Staf Kepala Madrasah
Terbentuknya kerja sama dengan lembaga pendidikan lain di luar daerah dan atau luar negeri untuk mengembang-kan sekolah dalam hal peningkatan kualitas peserta didik Sekolah menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan lain di luar daerah dan atau luar negeri untuk mengembangkan sekolah dalam hal peningkatan kualitas peserta didik 1. Pengadaan kegiatan lomba olahraga (bola voli –sepak bola) antar madrasah
2. Pengadaan kerja sama dengan Madrasah. Di wilayah sekitar untuk mengadakan study banding ke Madrasah. lain 1. Waka Kesiswaan
2. Waka Kurikulum
Tersusunnya peraturan khusus di luar aturan yang dibuat oleh pemerintah dan/atau yayasan dalam rangka meningkatkan efektifitas belajar Sekolah membuat peraturan khusus di luar aturan yang dibuat oleh pemerintah dan/atau yayasan dalam rangka meningkatkan efektifitas belajar Pembuatan peraturan khusus di luar aturan yang dibuat oleh pemerintah dan/atau yayasan dalam rangka meningkatkan efektifitas belajar dengan mengambil suara mufakat (rapat) dari warga madrasah Kepala Madrasah
Terbangunnya 3 ruang kelas baru Pembangunan 3 ruang kelas baru Sekolah membuat proposal pembangunan 3 ruang kelas baru Pengajuan proposal pembangunan 3 ruang kelas baru kepada Pemda, Propinsi dan Pusat Kepala Madrasah
Tersedianya kursi untuk peserta didik sebanyak 20 buah, guru 3 buah tahun 2009-2010 Sarana dan prasarana Sekolah memiliki kursi untuk peserta didik sebanyak 20 buah, guru 3 buah tahun 2009-2010 1. Bos
2. PSM Ketua Yayasan , Kepala Madrasah
Tersedianya 15 kursi diperpustakaan dan dilaboratorium komputer 3 kursi tahun 2009 – 2010 Sarana dan prasarana Sekolah memiliki 15 kursi diperpustakaan dan dilaboratorium komputer 3 kursi tahun 2009 – 2010 1. Bos
2. PSM Ketua Yayasan , Kepala Madrasah
Tersedianya meja dan kursi kursi di ruang guru 10 buah dan ruang tata usaha 1 buah tahun 2009 – 2010 Sarana dan prasarana Sekolah memiliki meja dan kursi di ruang guru 10 buah dan ruang tata usaha 1 buah tahun 2009 – 2010 1. Bos
2. PSM Ketua Yayasan , Kepala Madrasah
Tersedianya meja di ruang kelas untuk peserta didik sebanyak 20 buah dan untuk guru sebanyak 3 buah tahun 2009 – 2010 Sarana dan prasarana Sekolah memiliki meja di ruang kelas untuk peserta didik sebanyak 20 buah dan untuk guru sebanyak 3 buah tahun 2009 – 2010 1. Bos
2. PSM Ketua Yayasan , Kepala Madrasah
Tersedianya 1 meja kantor diruang tata usaha tahun 2009 – 2010 Sarana dan prasarana Sekolah memiliki 1 meja kantor diruang tata usaha tahun 2009 – 2010 1. Proposal
2. PSM Komite Madrasah
Kepala Madrasah
Tersedianya 3 almari kelas tahun 2009 – 2010 Sarana dan prasarana Sekolah memiliki 3 almari kelas tahun 2009 – 2010 1. Proposal
2. PSM Komite Madrasah
Kepala Madrasah
Tersedianya 1 etalase di Ruang Kepala Madrasah tahun 2011 – 2012 Sarana dan prasarana Sekolah memiliki1 etalase di Ruang Kepala Madrasah tahun 2011 – 2012 1. Bos Kepala Madrasah
Tersedianya 3 papan tulis di ruang kelas tahun 2009 – 2010 Sarana dan prasarana Sekolah memiliki 3 papan tulis di ruang kelas tahun 2009 – 2010 1. Bos Kepala Madrasah
Tersedianya laboratorium dan ruang praktik IPA, bahasa, ketrampilan, kesenian, olahraga tahun 2011 – 2012 Sarana dan prasarana Sekolah memiliki laboratorium dan ruang praktik IPA, bahasa, ketrampilan, kesenian, olahraga tahun 2011 – 2012 1. Proposal
2. PSM Kepala Madrasah
Tersedianya kelengkapan (alat/bahan) laboratorium/ruang ketrampilan/ruang praktik untuk lab. IPA 75% dari kebutuhan, dan lab komputer 75% dari kebutuhan 2011 – 2012 Sarana dan prasarana Sekolah memiliki kelengkapan (alat/bahan) laboratorium/ruang ketrampilan/ruang praktik untuk lab. IPA 75% dari kebutuhan, dan lab komputer 75% dari kebutuhan 2011 – 2012 1. Proposal
2. PSM Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Tersedianya ruang praktik IPA, dan sebagian alat/bahan yang digunakan di lab. IPA tahun 2010 – 2011 Sarana dan prasarana Sekolah memiliki ruang praktik IPA, dan sebagian alat/bahan yang digunakan di lab. IPA tahun 2010 – 2011 1. Proposal
2. PSM Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Tersedianya 2 mikroskop dan peralatannya tahun 2009 – 2010 Perangkat pembelajaran Sekolah memiliki 2 mikroskop dan peralatannya tahun 2012 – 2013 1. Bos
2. PSM Kepala Madrasah
Kepala Laboratorium IPA
Tersedianya lab. bahasa dan melengkapi perangkat yang berkaitan seperti master console, booth peserta didik, headset untuk peserta didik, room speaker, TV, komputer, 1 kursi guru, 20 kursi siswa, 1 almari, 1 papan tulis, dan AC atau sejenisnya tahun 2011 – 2012

Sarana prasarana Sekolah memiliki lab. bahasa dan melengkapi perangkat yang berkaitan seperti master console, booth peserta didik, headset untuk peserta didik, room speaker, TV, komputer, 1 kursi guru, 20 kursi siswa, 1 almari, 1 papan tulis, dan AC atau sejenisnya tahun 2011 – 2012 1. Proposal
2. PSM Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Tersedianya jaringan internet di lab. Komputer 2008 – 2009 Sarana prasarana Sekolah memiliki jaringan internet di lab. Komputer 2008 – 2009 1. Proposal
2. PSM
3. Kas komputer
4. Komite Kepala Madrasah
Bendahara Komputer
Tersedianya sarana sanitasi berupa sumur bor dalam tahun 2008 – 2009 Sarana prasarana Sekolah memiliki sarana sanitasi berupa sumur bor dalam tahun 2008 – 2009 1. Proposal
2. PSM
3. Komite Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Komite
Tersedianya 2 kamar mandi Sarana prasarana Sekolah memiliki 2 kamar mandi 1. Proposal
2. PSM
3. Komite Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Komite
Tersedianya 3 tempat cuci tangan 2008 – 2009 Sarana prasarana Sekolah memiliki 3 tempat cuci tangan 2008 – 2009 1. PSM
2. Komite Kepala Madrasah
Komite
Tersedianya wadah penampung sampah baik sampah tercampur dan tempat sampah terpisah tahun 2008 – 2009 Sarana prasarana Sekolah memiliki wadah penampung sampah baik sampah tercampur dan tempat sampah terpisah tahun 2008 – 2009 1. PSM
2. Komite Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Komite
Tersedianya kerja sama dengan dinas kebersihan setempat dengan pengiriman mobil pengangkut sampah tahun 2008 – 2009 Sarana prasarana Sekolah memiliki kerja sama dengan dinas kebersihan setempat dengan pengiriman mobil pengangkut sampah tahun 2008 – 2009 1. PSM
2. Komite Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Komite
Tersedianya tenaga pendukung agar sesuai dengan bidang keahliannya tahun 2008 – 2009 Sarana prasarana Sekolah memiliki tenaga pendukung agar sesuai dengan bidang keahliannya tahun 2008 – 2009 1. PSM
2. Komite Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Komite
Terlaksananya promosi-demosi SDM 2008 – 2009 Sarana prasarana Sekolah memiliki promosi-demosi SDM 2008 – 2009 1. PSM
2. Komite Ketua Yayasan,
Kepala Madrasah
Komite
Terbentuknya kerjasama antara guru, Kepala Madrasah, dan komite madrasah dalam memanajemen peserta didik yang meliputi PSB, administrasi, konseling, kesehatan, kenaikan kelas, dan pendataan di awal tahun pelajaran 2009/2010 Peningkatan manajemen peserta didik Sekolah menjalin kerjasama antar guru, Kepala Madrasah, dan komite madrasah dalam memanajemen peserta didik yang meliputi PSB, administrasi, konseling, kesehatan, kenaikan kelas, dan pendataan Pengadaan kerjasama antara guru, Kepala Madrasah, dan komite madrasah dalam memanajemen peserta didik yang meliputi PSB, administrasi, konseling, kesehatan, kenaikan kelas, dan pendataan Waka. Kurikulum
Tersedianya program layanan BK yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik di awal semester genap pada tahun pelajaran 2008/2010 Sekolah memiliki program layanan BK yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik Pembuatan program layanan BK yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik Kepala Madrasah
Terlaksananya kehadiran peserta didik 90% pada di setiap tahun pelajaran mulai tahun pelajaran 2009/2010 sampai dengan tahun pelajaran 2011/2012 Kehadiran peserta didik mencapai 90% pada tahun pelajaran 2009/2010 Pengaktifan kehadiran peserta didik yang dapat teratasi dengan mencari solusi dan memotivasi peserta didik Wali Kelas

TABEL 3.2
JADWAL RENCANA KERJA MADRASAH
MIS MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI
No Program / Kegiatan 2007/2008 2008/2009 2009/2010 2010/2011 2011/2012
Smt Smt Smt Smt Smt Smt Smt Smt Smt Smt
1 2 1 2 1 2 1 2 1 2
I PENGEMBANGAN KURIKULUM & PEMBELAJARAN
1. Pengadaan TV melalui :
1.1. Rapat komite dan dewan guru
1.2. Sosialisasi kepada wali murid
1.3. Menjalin kerjasama dengan
UD Randu Putih
2. Pengadaan buku melalui :
2.1. Kerjasama dengan BOS buku
2.2 Kerjasama dengan UD. Baca Tulis
2.3 Kerjasama dengan penerbit Yudistira
3. Pengadaan Kegiatan
3.1 Pembentukan study club
3.2 Pengadaan tourisme
3.3 Pengadaan kegiatan dengan native
speaker (pembicara asli)
3.4 Pengadaan lomba speak contest lokal,
tingkat KKM
4. Pengadaan Kerjasama
4.1 Pengadaan kerjasama dengan SMK
terdekat
II ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN MADRASAH
1. Perbaikan administrasi dan manajemen madrasah
1.1. Peningkatan kecakapan pendidik melalui pelatihan PAKEM
1.2. Peningkatan kecakapan PTK
2. Pelaksanaan Perbaikan Administrasi dan
Manajemen Sekolah
2.1. Pembuatan rincian program studi banding
2.2. Rapat Sosialisai Studi Banding
2.3. Pelaksanaan Studi Banding
III Organisasi dan Kelembagaan
1. Pengembangan Organisasi dan Kelembagaan
1.1. Penyusunan Job Description yang baru
untuk Komite Madrasah, Kepala Madrasah,
Guru dan Staf
1.2. Pengadaan Kegiatan Lomba Olah Raga
(Bola Voli, Bola Basket) antar madrasah
1.3. Pengadaan Kerjasama dengan Madrasah di wilayah
sekitar untuk mengadakan studi banding
ke Madrasah N Malang
1.4. Pembuatan Peraturan Khusus diluar aturan
yang dibuat oleh pemerintah dan yayasan
IV Sarana Dan Prasarana
1. Perbaikan Sarana Dan Prasarana
1.1. Pengajuan Proposal Pembangunan 6 ruang
Kelas pada lantai atas 616 m2 kepada PEMDA Propinsi
1.2. Sosialisasi Pembangunan 6 ruang kelas
1.3. Pelaksanaan Pembangunan 6 ruang kelas pada lantai atas
1.4. Pengajuan Proposal Pembangunan 1 ruang
wakil kepala madrasah, 1 ruang BK, 1 ruang
tamu dan 1 ruang komite
1.5. Sosialisasi Pembangunan 1 ruang wakil
kepala madrasah, 1 ruang BK, 1 ruang tamu dan
1 ruang komite
1.6. Pelaksanaan Pembangunan 1 ruang wakil kepala
komite
1.7. Pengajuan Proposal Pembangunan 1 ruang kesenian
1 ruang multimedia dan alat bantu PBM sebagai ruang
belajar selain kelas kepada PemDa, Propinsi dan Pusat
V KETENAGAAN
1. Peningkatan kualitas SDM (ketenagaan)
1.1. Pengiriman tenaga pendukung pada pelatihan, Seminar,
dan MGMP
1.2. Pengadaan program promosi-demosi SDM pada
stakeholder madrasah
1.3. Pengadaan kegiatan program promosi-demosi pada SD/MI
pada wilayah sekitar madrah
VI PEMBIAYAAN DAN PENDANAAN
1. Peningkatan Pembiayaan dan Pendanaan Madrasah
1.1. Pengoptimalan PSM dalam peningkatan pembiayaan
dan Pendanaan madrasah
1.2. Pengajuan proposal pada instansi terkait
VII PESERTA DIDIK
Peningkatan Prestasi Peserta Didik
1. Mekanisme PSB
1.1. Pembagian Job description pada guru, Ka. Mad. Dan Komite
1.2. Pelaksanaan tugas manajemen guru, Ka. Mad dan komite
madrasah sesuai dengan Job Description
2. Program kegiatan OSIS
2.1. Pengadaan kegiatan LDKS oleh OSIS
3. Peningkatan rata-rata nilai raport
3.1. Penyusunan perangkat pembelajaran oleh guru mapel
3.2. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi
3.3. Pelaksanaan remidi dan pengayaan
4. Pengimplementasian nilai mapel Aswaja pada perilaku
kehidupan peserta didik dalam bentuk kegiatan :
4.1. Pengadaan Tahlil, Pembacaan Diba’, dan istighotsah
4.2. Pelatihan Aswaja oleh IPNU/IPPNU
5. Peningkatan Nilai UN pada tapel 2007/2008
5.1. Pengoptimalan KBM
5.2. Pembimbingan belajar bagi siswa kelas IX untuk mapel UN
5.3. Pengadaan Try Out UN sebanyak 5 kali
6. Pengaktifan kehadiran peserta didik yang dapat teratasi
dengan mencari solusi dan memotivasi peserta didik
VIII PERAN SERTA MASYARAKAT
Peningkatan Peran Serta Masyarakat
1. Peningakatan peran serta ortu peserta didik dalam menyusun
Perencanaan program madrasah
2. Peningakatan peran serta ortu peserta didik dalam
melaksanakan program madrasah
3. Penyusunan AD/ART, program kerj, dan memiliki laporan
pertanggungjawaban
4. Peningkatan PSM untuk memberikan dukungan pada
program pengembangan madrasah
4.1. Pengadaan sosialisasi bersama komite madrasah pada
orangtua peserta didik
4.2. Pembentukan forum silaturrohmi
4.3. Pengadaan kegiatan sosial kemasyarakatan
IX LINGKUNGAN DAN BUDAYA SEKOLAH
Peningkatan kualitas lingkungan dan budaya sekolah
1. Penyelenggaraan kegiatan untuk meningkatkan belajar
bagi warga madrasah
1.1. Sosialisasi program
1.2. Pembentukan club bahasa dan club KIR
2. Peningkatan program ketertiban madrasah
2.1. Sosialisasi program
3. Peningkatan pembiasaan disiplin berpakaian
3.1. Sosialisasi program

BAB V
RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN MADRASAH (RKAM)

Proses penyusunan rencana biaya dan pendanaan RKM dilakukan melalui tahap-tahap sebagai berikut :
1. Menghitung biaya satuan
2. Menyusun rencana biaya pengembangan sekolah selama 4 tahun
3. Menghitung perkiraan sumber pendanaan
4. Penyesuaian rencana biaya dan sumber pendanaan
5. Menyusun rencana kegiatan dan anggaran madrasah (RKAM)
Hasil dari proses tersebut adalah berupa usulan rencana biaya dan pendanaan madrasah baik dalam bentuk rencana biaya pengembangan madrasah selama 4 tahun dan rencana biaya operasional sekolah, serta RKAM. Tabel 4.1 merupakan usulan RKAM tahun 2007-2008, sedangkan rencana biaya lainnya dapat dilihat dalam lampiran (tabel D1, D2, D3 dan D4)

KESIMPULAN

TIM PENYUSUN RKM
MIS MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI TANGGAMUS

Penanggungjawab : Dra. ETIEK JUKHAENI
Ketua :Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
Sekretaris : KARTIKA SEPTIARINI, S.Pd.
Anggota : TUMIRANUDIN, S.Pd.
YATMOKO, S.Pd.I
HARI WIDODO, S.Pd.
ABU HAMID
AMINUDDIN

Tanggamus, April 2009
Kepala MIS Miftahul Ulum Tanggamus

Dra. ETIEK JUKHAENI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: